Apa itu Gerak Kaki Mati dalam Kasus Pidana

Katakanlah Anda mewakili klien dalam masalah kriminal. Anda sebagai pengacara melakukan banyak pekerjaan pada kasus ini. Anda benar-benar menyelidikinya. Anda mewawancarai semua saksi. Anda datang dengan rencana permainan dengan klien Anda. Dan akhirnya Anda mencoba bernegosiasi dengan Jaksa untuk mendapatkan tuduhan itu diberhentikan atau setidaknya dikurangi menjadi biaya yang lebih rendah.

Jaksa mengatakan tidak untuk ini, dan kasusnya akan disidangkan. Khususnya persidangan juri. Yah siapa pun yang akrab dengan persidangan juri dalam kasus pidana tahu Jaksa harus membuktikan tanpa keraguan untuk menghukum terdakwa. Dan juri harus dengan suara bulat menyetujui putusan mereka untuk menemukan terdakwa bersalah.

Tapi apa yang banyak orang mungkin tidak tahu adalah ada cara lain untuk mendapatkan tuduhan kriminal diberhentikan selama persidangan juri. Dan itu adalah dengan membuat "gerak turun-menurun" ke seorang Hakim. Jadi apa itu gerak turun minum.

Gerakan turun-waktu persis seperti suaranya. Ini adalah mosi yang dibantah oleh pembelaan setelah Jaksa Penuntut Umum telah mengistirahatkan kasus mereka. Meskipun tidak sesederhana kedengarannya, dan tidak bisa dibuat dalam setiap kasus. Agar berhasil dan mendapat mosi yang diberikan, pengacara pembela perlu membuatnya dalam keadaan tertentu. Pada dasarnya ketika kasus pidana memiliki beberapa elemen untuk tuduhan itu. Berarti Jaksa harus membuktikan beberapa hal berbeda untuk menghukum terdakwa dari satu hitungan.

Jika Jaksa Penuntut belum membuktikan salah satu unsur. Kemudian pengacara pembela dapat membuat mosi untuk memecat dan membantah jika bukti itu dilihat dalam terang yang paling menguntungkan bagi Jaksa Penuntut, kasus prima facie belum ditetapkan dan oleh karena itu salah satu unsurnya belum dipenuhi dan tuntutan atau kasus harus dibubarkan.

Dalam kebanyakan kasus, jenis gerakan ini tidak berlaku. Kasus-kasus terbaik untuk membuat gerakan ini adalah kasus-kasus yang melibatkan elemen tertentu. Misalnya dalam kasus pelanggaran pidana. Katakan saja terdakwa berada di area yang tertutup untuk umum. Tetapi jika Jaksa belum membuktikan atau membuktikan bahwa mereka mengetahui hal ini, maka mereka tidak dapat memenuhi salah satu unsur pelanggaran pidana.

Karena tembakan panjang sebenarnya berlaku dengan jenis gerakan ini. Tidak setiap kasus berlaku. Tetapi dalam keadaan tertentu dan kasus-kasus tertentu, ini adalah gerakan yang bisa dilakukan kepada seorang Hakim yang dapat menyebabkan tuduhan itu diberhentikan secara langsung tanpa pernah sampai ke juri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *