Singapore and Malaysia – Reminiscences Unlimited

Perjalanan udara telah mengambil dimensi baru di era modern. Maskapai penerbangan bertarif rendah telah membuat perjalanan terjangkau. Singapura dan Malaysia adalah dua negara yang terhubung ke seluruh dunia dengan maskapai penerbangan berbiaya rendah. Singapura seperti Malaysia adalah tujuan yang menawarkan pengunjung lebih banyak nilai untuk uang mereka. Singapura bukan tujuan yang murah seperti Malaysia, tetapi terbang dengan biaya banyak maskapai dapat membuat perbedaan besar dalam anggaran liburan.

Dengan wilayah yang jauh lebih sedikit daripada distrik Trivandrum, Singapura adalah negara yang cukup kecil. Industri Pariwisata di Singapura telah berkembang pesat berkat pengejaran tanpa henti untuk keunggulan dalam usaha publik dan swasta. Korupsi hampir nol dan warga mendapatkan tanggapan yang sangat baik atas keluhan mereka melalui antarmuka berbasis teknologi. Sistem transportasi umum seperti bus dan Mass Rapid Transit yang dikenal sebagai MRT terlalu bagus. Standar hidup sangat tinggi berkat ekonomi yang hidup dan berkembang. Daya tarik buatan manusia adalah inti dari pengalaman Singapura dengan sejumlah pantai yang memujinya. Ketika penerbangan Tiger Airways dari Trivandrum mendarat di Bandara Internasional Changi, ada kegembiraan di udara dan Singapura tidak mengecewakan kami. Dari titik sentuhan ke titik berangkat, setiap momen memikat.

Hal pertama yang mengejutkan kami adalah kebersihan dan kecanggihan yang lazim di kota. Anggaran ada dalam pikiran kami karena tuan rumah kami telah meminta kami untuk menyewa taksi selain Chrysler karena akan membuat kantong kami macet. Sopir, yang berbicara bahasa Inggris dengan sangat baik, dengan cepat meyakinkan kami bahwa ini hanya taksi biasa. Tapi dari sudut pandang India, ini adalah taksi mewah. Pemandangan dilontarkan satu demi satu saat kami melanjutkan ke tempat kami menginap, Pinnacle di Duxton, sebuah kompleks flat lima puluh lantai di jalan Cantonment. Struktur besar ini benar-benar mencerminkan gaya hidup Singapura karena 85% penduduk tinggal di rumah susun.

Teman saya Sasi, manajer regional di multinasional dan keluarga ada di sana untuk menyambut kami. Flat mereka yang berada di lantai 46 adalah tempat istirahat kami selama lima hari ke depan. Pemandangan dari yang hidup itu menakjubkan. Pencakar langit menghiasi cakrawala dan pelabuhan cukup terlihat. Lalu lintas lancar mengalir adalah pemandangan yang bisa dilihat dibandingkan dengan adegan kacau yang akrab di jalan-jalan India. Istri saya cukup lelah dan lebih suka beristirahat sementara saya mencuri bangunan untuk mendapatkan pengalaman langsung di Singapura. Berbekal kamera saya, saya merasa seperti mengambil foto segala sesuatu yang terlihat.

Mengemudi ada di dalam darah dan saya ingin sekali berada di belakang kemudi mobil apa pun yang melesat lewat. Hal lain yang menurut saya adalah hak yang pejalan kaki nikmati saat menyeberang jalan. Menyeberang jalan yang sibuk di belakang rumah adalah mimpi buruk sementara di sini kendaraan berhenti di persimpangan zebra ketika seseorang ingin pergi ke sisi lain. Saya sangat terkejut ketika saya ragu-ragu berdiri di persimpangan ketika kendaraan berhenti dan sopir bus dengan tersenyum menggerakkan saya untuk menyeberang. Pada saat itu saya merasa seperti seorang raja ketika seluruh lalu lintas berhenti di tumitnya. Pejalan kaki juga menikmati hak istimewa menekan tombol di persimpangan yang menghentikan semua lalu lintas dan memungkinkan mereka untuk menyeberang. Awalnya saya berpikir bahwa semua mobil itu digerakkan bensin karena kami tidak bisa melihat ada kendaraan yang mengeluarkan asap dari bagian belakangnya. Tapi saya terkejut ketika diberitahu bahwa sebagian besar mobil digerakkan oleh diesel. India dapat mengambil daun dari sistem ini ketika datang untuk membatasi polusi kendaraan.

Mobil yang lebih dari sepuluh tahun tidak diizinkan. Jadi semua kendaraan memiliki tampilan baru. Bus-bus yang melewati jalan-jalan sepenuhnya ber-AC dan dioperasikan baik pada pembayaran berbasis kartu melalui pembaca kartu dan dengan pembayaran tunai kepada pengemudi. Sistem kartu ini adalah berkat bagi kami karena kami dapat bergerak sendiri. MRT adalah layanan kereta metro yang juga bisa dinaiki menggunakan kartu-kartu ini. MRT adalah cara yang nyaman dan cepat untuk melakukan perjalanan di Singapura dengan biaya minimal. Sistem transportasi umum di sini sangat bagus sehingga hampir semua orang menggunakan ini sebagai moda transportasi sehingga mengurangi kemacetan lalu lintas. Para komuter dan orang-orang di sini kebanyakan orang Cina yang tujuh puluh persen dari populasi. Bekerja saat bepergian adalah hal yang umum di sini berkat perangkat seluler canggih yang terkenal di Singapura.

Setelah makan siang, kami berangkat ke tempat keberangkatan tur bebek, paket tur yang populer. Moda transportasi adalah kendaraan amfibi yang berjalan di darat maupun air. Panduan kami, yang berbicara bahasa Inggris yang sangat baik, memberi kami banyak informasi tentang landmark dan membangun di kedua sisi jalan. Kami melanjutkan ke area tentara, di mana kami melihat beberapa kendaraan lapis baja yang mirip dengan yang sedang menunggang kuda. Mereka disimpan sebagai barang bukti untuk mengingat para pahlawan perang. Segera panduan itu mengumumkan bahwa kami memasuki teluk Marina dan perjalanan itu sekarang melalui air. Dari titik ini dan seterusnya rasanya seperti naik perahu. Struktur mengagumkan yang berjajar di teluk adalah pemandangan yang patut dilihat. Marina Bay Sands, Museum Sains, dan Merlion adalah pemandangan yang memanjakan mata.

Setelah mengitari teluk, kendaraan itu sekali lagi menjadi land driven ketika kami mengambil jalan. Pemberhentian selanjutnya adalah selebaran Singapura yang pada dasarnya adalah roda raksasa yang menawarkan pemandangan luas kota dan sekitarnya. Kabin pamflet diperkuat dengan baja dan kaca yang menawarkan pemandangan 360 derajat kota. Satu revolusi selebaran memakan waktu sekitar tiga puluh menit dan berputar searah jarum jam. Sebelumnya itu diputar ke arah berlawanan arah jarum jam. Ini kemudian dibalikkan atas saran dari master Feng Shui. Kami kembali ke flat kami jam 10 malam dengan MRT tanpa banyak masalah.

Satu hal luar biasa yang saya perhatikan adalah waktu yang tepat yang dipatuhi oleh sistem transportasi umum baik itu MRT atau bus. Halte bus dan stasiun MRT memiliki layar yang menunjukkan waktu dan peta rute. Kita bisa mengetahui nomor bus dan pengaturan waktu dari Internet dan untuk kejutan yang menyenangkan kita menemukan sistem yang mengikuti timing dengan sempurna. Para mitra India akan mendapat manfaat jika mereka mengambil isyarat dari ini. Keesokan harinya kami menjadwalkan kunjungan kami ke Pulau Sentosa. Tiket itu mencakup beberapa atraksi dan naik kereta gantung ke sana kemari. Pengalaman mobil kabel hanya keluar dari dunia. Istri saya awalnya khawatir untuk melihat ke bawah, tetapi rasa takut itu memberi jalan menuju kegembiraan saat kami jatuh ke dalam alur.

Objek wisata di Sentosa banyak dan bergantung pada anggaran Anda. Kami memilih empat pengalaman. Yang pertama adalah pertunjukan 4D yang mirip dengan yang ada di taman hiburan seperti rumah Wonderla. Perhentian kami berikutnya adalah Merlion yang merupakan simbol mitologis Singapura. Dengan kepala singa dan tubuh ikan, struktur ini setinggi sekitar 37 meter. Pengunjung dapat naik ke mulut dan menikmati panorama Sentosa. Sistem transportasi monorel dan bus memungkinkan pengunjung untuk bergerak di sekitar Pulau ini. Kami menaiki monorail ke dunia bawah laut, akuarium, bertempat di sebuah ruang kaca berbentuk terowongan yang bisa dilalui oleh para pengunjung untuk berjalan atau berdiri di atas sabuk konveyor yang bergerak. Kehidupan laut yang ada di sini berkisar dari hiu pembunuh hingga ikan-ikan besar. Di bawah penyelam air yang dilengkapi dengan perangkat pembersih dapat terlihat membersihkan akuarium. Pantai Sentosa sangat bersih dan santai. Pantai-pantai utamanya adalah Siloso, Palawan dan Tanjong.

Acara Dolphin adalah sesuatu yang tidak bisa dilewatkan. Akrobat lumba-lumba dan segel yang menawan dengan kejenakaannya menambahkan bumbu ke pertunjukan. Daya tarik terakhir di Sentosa yang kami saksikan adalah 'nyanyian laut' yang merupakan pertunjukan memukau dengan pemain hidup, efek dramatis dan kembang api. Jet air, semburan api, laser dan musik yang menawan membuat ini menjadi salah satu tontonan hiburan yang baik. Kami kembali ke titik keluar dengan kereta gantung dan kali ini perjalanan memberi kami pengalaman lain. Pemandangan Sentosa dan sekitarnya pada malam hari sangat menggembirakan.

Tujuan kami untuk hari ketiga adalah taman burung Jurong. Taman ini terkenal dengan berbagai jenis burung mulai dari penguin sampai parkit. Kami cukup beruntung untuk mengejar dua pertunjukan burung yaitu 'Burung n Buddies' dan 'Raja-raja langit'. Acara-acara ini benar-benar memukau dengan burung-burung melakukan prestasi luar biasa. Istri saya yang sangat lelah lebih suka beristirahat, sementara saya pergi ke taman dengan kaki saya hampir tidak bisa. Kami kembali ke rumah dengan bus ke Harbour Front dan kemudian naik MRT ke Outram Park dari flat kami hanya sepelemparan batu. Kemudian kami makan malam dengan tuan rumah kami di Annalekshmi, sebuah restoran yang dikelola oleh kepercayaan amal. Makan malam itu benar-benar prasmanan India Selatan. Di sini tagihan tidak dikeluarkan dan pelanggan dapat membayar sesuai dengan hati nuraninya. Para sukarelawan adalah orang India dari anak tangga atas komunitas. Pada hari keempat kami pergi ke India kecil dan sesuai dengan namanya, itu memiliki tampilan dan nuansa jalan India. Di sini, bahasa Tamil adalah bahasa resmi dan penduduk dari India sebagian besar orang Tamil.

Ada pusat perbelanjaan terkenal yang disebut 'Mustafa' yang menjual semua jenis barang mulai dari balm nyeri hingga barang elektronik hi-fi. Kami membawa sistem musik, meskipun tidak murah tetapi dengan semua fitur yang kami cari dalam satu lagu. Mereka juga memberikan pengurangan dalam memproduksi paspor. Tujuan kami selanjutnya adalah jalan Orchard. Tempat ini memiliki banyak toko dan mal Cina dengan berbagai barang mulai dari semprotan tubuh hingga suvenir. Jalur untuk berjalan-jalan hadir dan lalu lintas tidak diizinkan. Banyak orang baik turis maupun pribumi berkontribusi pada kerumunan. Kami melakukan beberapa window shopping, membawa parfum, suvenir dan menikmati beberapa masakan Cina. Ini berbeda dari apa yang diberikan di restoran India di rumah sebagai masakan Cina. Makanan Cina asli tidak menggunakan rempah-rempah seperti di India.

Teman-teman kami telah merencanakan kesempurnaan perjalanan kami sehingga kami memiliki cukup waktu untuk pergi ke safari malam yang terkenal. Kami memeriksa timing untuk bus dan menaikinya pada sekitar jam 7 malam. Pada saat kami mencapai safari malam, pukul 19.30. Antrian cukup panjang dan butuh sekitar satu jam untuk naik trem untuk melihat hewan-hewan. Ada komentar yang memberi informasi kepada pengunjung tentang berbagai binatang di kedua sisi jalan. Hewan-hewan berkisar dari harimau Malaysia hingga spesies Afrika seperti jerapah dan Zebra. Tapir, Gajah, serigala dsb adalah binatang yang diperlihatkan. Setelah Safari, ada pertunjukan api yang memukau oleh sekelompok anak muda. Kami kembali naik taksi dan MRT ke flat pukul 11.30 malam. Hari kelima dan terakhir tiba dan kami menyadari bahwa sudah waktunya untuk meninggalkan Singapura dan keajaibannya. Ini benar-benar surga zaman modern.

Hari ini kami beristirahat sampai siang dan berangkat ke IKEA. IKEA adalah perusahaan produk rumah internasional swasta yang mendesain dan menjual furnitur siap pakai seperti tempat tidur dan meja, peralatan, dan aksesori rumah. Ini berasal dari Swedia. Kami menghabiskan berjam-jam untuk melihat berbagai barang dan membeli beberapa untuk kami gunakan. Lamp shades dari IKEA sangat dicari. Sayangnya kami sangat terbebani dan karenanya tidak dapat membeli. IKEA berencana untuk membuka toko di India dan saya yakin akan menemukan banyak pelanggan. Karena kereta kami menuju Kualalumpur adalah pukul 11.30 malam, kami kembali ke flat kami pada pukul 6 sore. Setelah berkemas saatnya untuk meminta kata perpisahan kepada tuan rumah kami yang luar biasa. Kami berangkat dengan taksi sekitar jam 8.30 malam ke stasiun kereta api Woodlands.

Sekitar pukul 11 ​​malam kami naik kereta no. 24 setelah menyelesaikan pemeriksaan emigrasi dan tidur. Perjalanan terasa nyaman dan santai. Setelah tidur malam yang nyenyak, kami mencapai Kualalumpur atau dikenal sebagai KL pada pukul 8.30 pagi hari berikutnya, dua jam di belakang jadwal. Sopir yang diatur oleh agen tur sedang menunggu kami di stasiun dan setelah sedikit kebingungan kami berhasil menemukannya. Perhentian kami berikutnya adalah Genting, sebuah stasiun bukit sekitar 55 kilometer dari KL. Dalam perjalanan kami berhenti di gua Batu, yang memiliki undang-undang besar tuan Muruga di pintu masuk. Kuil ini berada di dalam gua besar dengan gaya khas India Selatan. Gua memiliki banyak kuil dengan tuan Muruga sebagai dewa utama. Kita harus menaiki sekitar 272 langkah untuk mencapai puncak. Ada tiga gua utama dan beberapa gua yang lebih kecil. Bagian atas gua utama terbuka dan langit bisa dilihat dari dalam. Kulalumpur adalah kota yang merupakan perpaduan antara lama dan baru. Malaysia memiliki latar belakang multi etnis dan multi budaya dan agama resmi adalah Islam. Kami sarapan dari restoran India Selatan yang terletak di pintu masuk ke gua. Makanan terasa sangat 'madrasi' dan sangat murah dibandingkan dengan Singapura.

Tujuan kami berikutnya adalah Genting. Perjalanan dengan taksi ke Genting dengan taksi cukup menyenangkan dengan lalu lintas yang menipis. Suasana menjadi lebih sejuk saat kami hampir mencapai kaki bukit. Kabin kami berhenti di titik dari mana perjalanan mobil kabel dimulai. Barang bawaan kami, kata sopir itu akan menuju ke titik teratas di dalam taksi. Perjalanan itu di atas kanopi hutan yang lebat di perbukitan dan berlangsung selama dua puluh menit. Keindahan indah dari atas adalah nafas yang memukau. Titik pendaratan berada di luar lobi hotel terbesar di dunia yaitu First World Hotel dengan membanggakan lebih dari 6000 kamar. Proses check-in sendiri adalah pengalaman. Kami harus menunjukkan rincian pemesanan di konter dan pukul 12 siang waktu check in dan check out, nomor token kami muncul di layar. Resepsi itu sendiri adalah pemandangan untuk dilihat yang panjangnya sekitar 400 meter. Kami diberi kamar yang bisa dibuka menggunakan kartu yang diberikan. Hotel ini begitu besar sehingga cukup mudah untuk kehilangan arah. Setelah beberapa cegukan akhirnya kami menemukan kamar kami.

Setelah beristirahat sebentar, kami melanjutkan untuk menikmati berbagai pertunjukan dan mal di hotel. Pengalaman itu luar biasa dengan pencahayaan yang brilian dan kegembiraan penuh warna yang memancar dari segala penjuru. First World Plaza yang berdampingan dengan hotel ini menawarkan taman hiburan dalam ruangan seluas 500.000 kaki persegi. Taman luar juga cukup besar dengan beberapa rongsokan serta wahana yang lembut. Orang tua dengan anak-anak di belakangnya dari berbagai negara dapat dilihat di kedua taman ini. Kami berjalan menikmati pemandangan serta pertunjukan 4D yang fantastis. Setiap jalan berkeliling menawarkan pengalaman baru. Harga barang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan KL. Kami check out dari hotel pada hari berikutnya sekitar 11:30 setelah sarapan mewah yang merupakan bagian dari paket. Makanannya berkisar dari Cina dan India hingga Eropa.

Sopir taksi kami tiba di waktu yang tepat dan mengantar kami langsung ke KL untuk tur kota. Iklim di Genting selalu berubah dengan awan yang menyelimuti satu menit dan dibersihkan di tempat berikutnya. Satu orang lagi yang datang dari Chennai bergabung dengan kami selama tur. Tempat-tempat yang kami kunjungi termasuk Istana Raja, Alun-alun Kemerdekaan, Monumen Nasional, Masjid Nasional, Menara Kembar, Museum Nasional, Gedung Parlemen, Taman Danau dan Pewter Selangor. Kami juga berhenti di pusat perbelanjaan lokal untuk membeli beberapa barang lokal. Pengalaman ini sangat berbeda dari Singapura dimana kami bepergian sendiri. Pada pukul 4 sore, kami memeriksa Chow Kit hotel kami di jantung KL.

Setelah beristirahat sebentar, berangkat lagi dengan sendirinya menjelajahi KL dengan berjalan kaki. Ada banyak ruang pamer untuk pakaian siap pakai yang murah dan memiliki beberapa variasi. Juga ada supermarket yang menawarkan segala macam barang. Kami menjelajahi pasar sayur lokal yang buka bahkan 12 malam. Saya memiliki rasa bambu Putt miniatur 'Puttu', kelezatan Kerala. Orang yang melayani kami ini tidak percaya ketika saya mengatakan kepadanya bahwa di Kerala kami mencampurnya dengan pisang sebelum makan. Hari berikutnya dan terakhir kami di Malaysia adalah hujan. Sopir kami melaju lurus ke Bandara Internasional Kualalumpur, Terminal Low Cost Carrier dari hotel.

Sopir menawari kami pilihan pergi ke Putrajaya sekitar 25 km dari KL dengan mengambil penyimpangan. Tapi kami memutuskan untuk tidak melakukannya karena kami harus check-in di bandara jam 12 malam. Kota ini memiliki sejumlah gedung administrasi Pemerintah Malaysia. Akhirnya kami mengucapkan selamat tinggal pada Malaysia dan menaiki pesawat Air Asia ke Kochi. Kami menghabiskan 5 hari dan 4 malam di Singapura diikuti oleh 3 hari dan 2 malam di Malaysia. Biaya bijaksana tujuan ini ideal bagi wisatawan India yang mengincar liburan yang hebat. Kenangan yang kami bawa, saya yakin akan berlama-lama selama bertahun-tahun yang akan datang.

Silakan klik tautan di bawah ini untuk melihat foto dari pengalaman ini